Monday 29 July 2013

Kisah Blogger Kampung

Kisah ini adalah kisah pengalaman pribadi sebagai blogger, disini awal pertama saya menuliskan asal mula saya (blogger part time) mengenal dunia blog. Sebagai seorang blogger kampung = blogger yang tinggal dikampung yang penuh dengan segala kekurangan akan fasilitas dan penunjang lainnya untuk melakukan kegiatan ngeblog. Dan inilah susahnya jadi blogger kampung. Karena tempat tinggal yang jauh dari perkotaan maka akses internet di tempat saya kurang memadai, kebanyakan profider yang ada di Indonesia belum sampai di desa saya, kalaupun ada pasti belum dapat sinyal 3G dan itu sangat menghambat saya dalam menjelajah didunia maya, tapi dengan segala keterbatasan tersebut, saya sangat menikmati kegiatan saya sebagai blogger, walaupun belum bisa full time karena tidak mungkin saya mengandalkan penghasilan dari blog untuk menghidupi keluarga saya. Karena awal tujuan saya ngeblog adalah untuk media sharing dan berbagi maka saya tidak full me moneytize blog yang saya kelola, yang penting kepuasan batin karena banyak artikel saya yang mampu memberikan manfaat buat sesama dan harapan saya semoga artikel saya dapat menjangkau seluruh kalangan dan seluruhnya puas akan hasil karya saya tersebut.


Diawal saya ngeblog saya hanya tau menulis dan menulis entah tulisan saya ada yang baca atau tidak saya gak permasalahkan, mau artikel saya ada di pejwan google maupun page 1000 saya juga gak permasalahkan dan gak saya bikin pusing. Tapi setelah menginjak beberapa bulan saya mengenal dunia SEO (Search Engine Optimization) saya semakin terbuka akan manfaat seo buat artikel kita, buat apa artikel bagus dan keren tapi tidak ada yang baca, lantas saya browsing dan mencari sumber-sumber tentang SEO dan Mempraktekannya di blog-blog yang saya kelola, memang soal desain blog saya belum menguasai sepenuhnya tapi saya tetap pede dengan blog-blog saya, walaupun masih pakai blog gratisan asalkan kita kelola dengan sungguh-sungguh dan di lengkapi dengan artikel-artikel yang berkualitas maka saya yakin blog saya akan maju dan mampu menghasilkan uang dengan sendirinya.


Setelah saya mempelajari dan menerapkan ilmu seo yang saya peroleh saya beranikan ikut kontes seo dari beberapa kontes seo yang saya ikuti saya memenangkan beberapa kontes seo tsb, dan Alhamdulillah bisa mentraktir teman dari hasil kontes seo. Setelah melanglang buana di ranah kontes seo saya merasa jenuh dan malas serta marah karena banyak yang hanya kontes scam atau kontes yang menipu, padahal posisi blog saya ada di puncak ketika kontes tsb masih berlangsung, disaat-saat saya jenuh tadi saya mendapat angin segar setelah mendapatkan sebuah email tawaran kerja sama dalam penulisan artikel dan review produk dari sebuah publisher di Indonesia. Ternyata ada juga manfaat blog saya ini dan akhirnya sambil menunggu project saya masih sempat mengisi beberapa blog saya dengan tulisan-tulisan apa adanya seperti artikel ini.


Sambil menunggu tadi saya iseng daftar sebagai publisher adsense yaitu sebuah tempat bagi blogger untuk memoneytize blog mereka dengan bekerja sama sebagai publiser iklan dengan google adsense yang terkenal sebagai jaringan iklan terbesar saat ini yang ada dibawah naungan raksasa search engine terbesar di dunia. Dan Alhamdulillah saya juga diterima dan sudah mendapatkan hasil yang memuaskan walaupun belum bisa payout karena belum dapat pin dari google, lagi-lagi tempat saya berdomisili menjadi kendala saya yang kesekian kalinya, ya saya maklumi karena tempat yang terpencil ini mungkin membuat pengiriman pin google jadi terlambat, saya cuma bisa berdoa semoga pin saya segera sampai dan bisa buat ferivikasi akun GA saya .


Ternyata penantian serta perjuangan saya tidak sia-sia dan apa yang saya pelajari tentang dunia seo ini juga tidak terbuang percuma, dengan segala teknik yang saya pelajari saya akhirnya mampu menjadi yang terbaik dari beberapa target kata kunci yang telah saya incar, dan segala puji syukur terus saya panjatkan kepada ALLAH SWT karena semakin banyak artikel yang pejwan maka semakin bertambah pula pendapatan dari klik iklan yang saya peroleh dan semakin banyak pula project yang menghampiri saya.


Semoga lekas sampai pin GA yang saya tunggu dan semoga semua blog yang saya kelola dapat memberikan berkah dan manfaat bagi semua pembaca saya. Semua itu akan semakin nikmat di bulan Ramadhan kali ini.

No comments: